Tanggamus, MTsN 1 (Humas) – Dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran, MTsN 1 Tanggamus menggelar supervisi bagi para guru mata pelajaran. Kegiatan ini dipimpin oleh kepala madrasah, H. Ramdani, yang menekankan pentingnya pengembangan kemampuan mengajar dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran.

“Supervisi ini kami lakukan untuk memastikan bahwa guru-guru di MTsN 1 Tanggamus memiliki kompetensi yang terus berkembang dan dapat beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan saat ini,” ujar H. Ramdani saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (3/9). Ia menjelaskan bahwa supervisi ini bukan hanya sekadar penilaian, melainkan juga pembimbingan yang intensif untuk membantu guru berkembang.

Dalam pelaksanaan supervisi, H. Ramdani menerapkan berbagai teknik, baik individual maupun kelompok. Metode yang digunakan termasuk kunjungan kelas, percakapan pribadi, rapat guru, diskusi, tukar menukar pengalaman, dan seminar. Menurutnya, teknik-teknik ini sangat efektif untuk menilai penguasaan materi, komunikasi dengan siswa, rasa tanggung jawab, dan efektivitas guru dalam mengajar.

“Misalnya, melalui kunjungan kelas, kami bisa melihat langsung bagaimana guru menyampaikan materi dan berinteraksi dengan siswa. Dari situ, kami bisa memberikan umpan balik yang spesifik dan relevan dengan kebutuhan masing-masing guru,” jelas Ramdani. Ia menambahkan bahwa percakapan pribadi dan diskusi juga menjadi ruang bagi guru untuk menyampaikan tantangan yang mereka hadapi, menjadikan supervisi ini lebih bersifat kolaboratif daripada evaluatif.

Parida, seorang guru senior Sejarah Kebudayaan Islam yang turut disupervisi, mengungkapkan manfaat dari program ini. “Supervisi ini sangat membantu kami untuk melihat kekuatan dan kelemahan dalam mengajar. Dengan bimbingan dari kepala madrasah, kami bisa mengevaluasi diri dan mencari cara-cara baru untuk lebih efektif dalam mengajar,” tuturnya.

Parida juga menambahkan bahwa supervisi ini memberikan motivasi kepada para guru untuk terus belajar dan memperbaiki metode pengajaran. “Kami merasa didukung, bukan diawasi. Itu yang membuat kami lebih semangat,” ujarnya.

Supervisi di MTsN 1 Tanggamus direncanakan akan dilakukan secara berkala sebagai bagian integral dari pengembangan profesional guru. “Kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan kondusif, di mana para guru tidak hanya menjalankan tugas mengajar, tetapi juga berperan sebagai pembimbing dan inspirasi bagi para siswa,” ungkap H. Ramdani.

Dengan pendekatan supervisi yang komprehensif ini, MTsN 1 Tanggamus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui penguatan kompetensi para guru. Program supervisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja individu guru serta menciptakan dampak positif bagi seluruh komunitas madrasah, membangun iklim akademik yang proaktif dan inovatif. (In/ Humas)