Visi dan Misi

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

A.     VISI

  • Kurikulum Madrasah MTs Negeri 1 Tanggamus disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum Madrasah untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensiyang ada di madrasah. Dalam merumuskan visinya, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanggamus mempertimbangkan harapan   peserta didik, orang tua peserta didik, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat. MTsN 1 Tanggamus  juga  merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi; era informasi dan global yang sangat cepat.
  • Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh MTs Negeri 1 Tanggamus, sehingga visi Madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil Madrasah yang diinginkan dimasa datang. Adapun visi MTs Negeri 1 Tanggamus  adalah: “TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG  UNGGUL, BERBUDAYA DAN  BERAKHLAK MULIA”
  • Adapun indikator ketercapaian visi adalah sebagai berikut :
    1. Persentase peserta didik yang mencapai standard kompetensi minimal dalam setiap mata pelajarandan berprestasi di bidang akademik maupun non akademik
    2. Partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan sosial dan keagamaan yang memperkuat nilai nilai budaya
    3. Tingkat disiplin dan kepatuhan peserta didik terhadap aturan sekolah
    4. Tingkat penanaman nilai-nilai kejujuran, tanggungjawab, dan empati pada pesertadidik.
    5. Evaluasi tingkat pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai keagamaan dan moral

B.     MISI

  • Untuk mewujudkan  Misi MTs Tsanawiyah Negeri 1 Tanggamus.,  diperlukan  suatu  misi  berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misi MTs Negeri 1 Tanggamus memberikan arah dalam mewujudkan visi sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Misi MTs Negeri 1 Tanggamus akan menjadi dasar dari program pokok madrasah. Misi MTs Negeri 1 Tanggamusadalah sebagai berikut:
  1. Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
    • Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan  kebutuhan peserta didik
    • Meningkatkan literasi dan numerasi pendidik,tenaga kependidikan dan peserta didik
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berpihak kepada murid.
    • Mengikutsertakan pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mengikuti kegiatan lomba dari  tingkat daerah sampai tingkat  Nasional
    • Melengkapi fasilitas belajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurukuler
    • Melaksanakan Project Profil Pemuda Pancasila dan profil Rahmatan lil alami
  2. Mewujudkan budaya madrasah  bagi  seluruh warga Madrasah
    • Melaksanakan budaya sapa salam kepada setiap bertemu
    • Meningkatkan penguatan karakter mandiri melalui budaya membaca
    • Meningkatkan budaya disiplin dengan motto Malu Datang Terlambat malu pulang cepat
    • Meningkatkan budaya Profil Pelajar Pancasila
  3. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan Akhlak Mulia
    • Melaksanakan profil pemuda Pancasila karakter beriman dan bertaqwa kepada Allah  dengan melaksanakan tilawah qur’an dan sholat Dhuha sebelum pembelajaran
    • Melaksanakan sholat Zuhur dan Asar berjamaah
    • Melaksanakan profil pemuda Pancasila karakter gotong royong.
    • Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.

C.    TUJUAN MADRASAH

  • Kurikulum MTs Negeri 1 Tanggamus disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidkan yang mencakup pengembangan potensi dilingkungan madrasah untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan IPTEK yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT. Dan berdasarkan visi dan misi madrasah, maka tujuan yang hendak dicapai oleh MTs Negeri 1 Tanggamus antara lain sebagai berikut:
  • Secara khusus tujuan pendidikan di MTs. Negeri 1 Tanggamus  adalah :
    1. Terwujudnya lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
      • Tercapaian kelulusan pesertadidik 100% dan untuk semua mata pelajaran ujian madrasah rata-rataminimal 78 dan mengupayakan 75% lulusan diterima di sekolah negeri unggulan.
      • Mendapat prestasi terbaik di tingkat kabupaten, dan provinsi insi di bidang akademik dan non akademik.
      • Terdapat 75% guru yang mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitaspengetahuan,keterampilan,danwawasanguruagarlebihprofesional.
      • Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter keimanan, cinta tanah air, mandiri, bernalar kriris, kreatif serta gotong royong dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari melalui kegiatan eskstra kurikuler.
      • Mengoptimalkan kualitas sarana prasarana pendidikan yang menunjang peseta didik dalam mengkreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
    1. Terwujudnya budaya madrasah bagi  seluruh warga Madrasah
      • Tercapainya budaya salam ketika bertemu
      • Terwujudnya Budaya 7 K  ( Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kenyamanan, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan) pada warga madrasah.
      • Terwujudnya Budaya Malu Datang Terlambat malu pulang cepat dengan adanya face recognition.
    1. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan Akhlak Mulia
      • Terlaksananya Penguatan pola pembelajaran yang religius dengan menjadkan nilai nilai akhlak dan pemahaman yang moderat pada proses pembelajaran di madrasah melalui kegiatan tilawah qur’an , sholat Dhuha, sholat Zhuhur dan Ashar yang dilakukan secara berjamaah.
      • Memfasilitasi penerapkan pembelajaran yang menggunakan nilai nilai keislaman sebagai pengikat pola hubungan pendidik dengan peserta didik.
      • Memfasilitasi Pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan karakter pelajar Pancasila dan penguatan pelajar madrasah yang rahmatan lil alamin.
      • Terlaksananya kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dan rahmatan lil alamin dalam kegiatan pembiasaanrutinsekolah dan budayasekolah.
      • Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang taat menjalankan nilai-nilai ajaran agama Islam.
      • Memiliki siswa yang taat menjalankan nilai-nilai ajaran agama Islam